Rabu, 26 Oktober 2011

PENGHITUNGAN ALGORITMA BRESENHAM









P  (X0  - Y1)
Algoritma Bressenham



- (10,10)







5 (11,11)
1. Tentukan 2 titik awal & akhir


3 (12,12)
       (X0,Y0) (X0,Y0)



1 (13,13)
2. Hitung Dx,Dy




-1 (14,13)
3. Hitung prameter P0 = 2 Dy - Dx


11 (15,14)
4. Untuk setiap X sepanjang jalur garis,

9 (16,15)
              Jika P < 0  maka koordinat selanjutnya (Xn+1, Yn)
7 (17,16)
                Pn+1=Pn+2 Dy






             Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya ( Xn+1=Xn+1,Yn + 1 ) dan


                 Pn+1=Pn + 2Dy - 2Dx





5. Ulangi sampai X = X1  dan Y = Y1



































1. Tentukan 2 titik awal & akhir





         ( 10,10 ) ( 17,16 )






2. Hitung Dx,Dy







     Dx = 17 - 10 = 7






     Dy = 16 - 10 = 6






3. Hitung prameter P0 = 2 Dy - Dx





                                     = 2 ( 6 ) - 7





                                     = 5






4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya   




                      Xn+1=10+1     Y = 10 + 1




                               = 11                  = 11              
























1.  (11,11)


1.  (12,12)

1.  (13,13)
5.   P1 = P1 + 2Dy -  2Dx

5.   P2 = P2 + 2Dy -  2Dx
5.   P3 = P3 + 2Dy -  2Dx
            = 5 + 2(6) - 2 ( 7 )

            = 3 + 2(6) - 2 ( 7 )
            = 1 + 2(6) - 2 ( 7 )
            =  5 + 12 - 14

            =  3 + 12 - 14
            =  1 + 12 - 14
            = 3


            = 1

            = -1
4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya    4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya    4.  Jika P < 0 maka koordinat selnjutnya   
                      X1=11+1     Y1 = 11 + 1
                      X2=12+1     Y2 = 12+ 1
                     Xn = Xn+1        Yn= Y
                          = 12                = 12                                         = 13               = 13                                    X3   = 13+1        Y3 = 13
 







                          = 14                = 13              
 







 
1. ( 14,13 )






 
5. P4  =   P4+2 Dy


1.  (15,14)

1.  (16,15)
            = -1 + 2 (6)


5.   P5 = P5 + 2 Dy -  2Dx
5.   P6 = P6 + 2Dy -  2Dx
            = -1 + 12


            = 11 + 2(6) - 2 ( 7 )
            = 9 + 2(6) - 2 ( 7 )
            = 11


            =  11 + 12 - 14
            =  9 + 12 - 14
4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya                =  9

            = 7
                      X4=14+1     Y1 = 13 + 1
4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya    4.  Jika P > 0 maka koordinat selnjutnya   
                          = 15             = 14                                     X5=15+1     Y5 = 14+ 1
                      X6=16+1     Y2 = 15+ 1





                          = 16             = 15                                         = 17             = 16              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar