Rabu, 19 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PERANAN MANAJEMEN


                                              I.                    ISI
Sistem Informasi (SIM) ialah di ambil dari sebuah kata system,information dan manajemen.Sistem adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan dan saling bekerjasama untuk mencapai beberapatujuan. Sistem informasi adalah kumpulan hardware dan software komputer, prosedur,dokumentasi,formulir dan orang yang bertanggung jawab untuk memperoleh,menggerakkan,manajemen,distribusi data dan informasi.Proses yang harus diikuti dalam pengembangan suatu sistem yang baik disebut sistem analysis and design.Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik.
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.jadi SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Fungsi Sistem Informasi :
1.      Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
2.      Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
3.      Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
4.      Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
5.      Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
6.      SA&D ini didasarkan pada pendekatan sistem untuk mengatasi suatu
Masalah yang disebabkan oleh beberapa prinsip dasar berikut ini:
A. Seorang manajer harus tahu apa (what) yang dilakukan oleh suatu
B.                             sistem sebelum membuat spesifikasi bagaimana (how) suatu sistem
C.                             bekerja.
D. Memilih cakupan yang tepat atas keadaan yang dianalisa akan
E.                              berpengaruh terhadap masalah apa yang bisa diatasi dan yang tidak.
F. Suatu masalah (atau sistem) sebenarnya terdiri dari beberapa masalah,
G.                             sehingga strategi yang tepat adalah mengurutkan masalah yang besar ke
H.                             masalah yang kecil.
I. Pemecahan suatu masalah antara satu bagian dengan bagian lain
J.                               Mungkin sekali berbeda,sehingga pemecahan alternatif yang menunjukan perspektif yang berbeda hendaknya dibuat dan diperbandingkan sebelum hasil akhir dipilih.
K. Masalah dan pemahamannya berubah ketika dilakukan analisa, sehingga
L.                              seorang manajer harus mengambil pendekatan bertahap terhadappemecahan masalah. Hal ini memungkinkan komitmen yang terusbertambah(incremental) terhadap pemecahan masalah tertentu, dimanakeputusannya adalah berlanjut atau tidak ke tahap berikutnya.
Fungsi / Manfaat Sistem Informasi Manajemen
Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.
Sehingga SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.
v  Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
 Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan   adanya prantara sistem informasi.
v  Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
v  Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
v   Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
v   Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
v  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
v  Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
v  Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
v  Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

II.                 Kesimpulan
Jadi suatu SIM adalah sebuah system yang mempunyai  data informasi yang dapat di olah oleh seorang manajemen di dalam kebutuhannya, untuk peningkatan mereka di dalam dunia pekerjaan.
III.               DAFTAR PUSTAKA

1.      Muhammad Taufiq
              STMIK AMIKOM








Tidak ada komentar:

Posting Komentar